Pendapatan dari Youtube Sampai Milyaran, Fakta or Hoax ?

Pendapatan dari Youtube Sampai Milyaran, Fakta or Hoax ? Dengan memahami cara mengecek pendapatan youtuber, kita jadi tahu berapa banyak gaji bulanan yang mereka terima. 

Pendapatan dari Youtube

Ada yang sampai jutaan rupiah dan ada yang sampai miliaran. Benarkah dengan main Youtube, uang sebanyak itu bisa didapatkan?

Faktanya memang demikian, banyak youtuber lokal dan luar negeri yang bisa menghasilkan uang sampai miliaran rupiah, simak selengkapnya di bawah ini!

Pendapatan dari Youtube Beberapa Channel Indonesia dan Luar Negeri

Daftar 5 Channel Youtube dengan Pendapatan Tertinggi di Tanah Air

1. Atta Halilintar

Atta Halilintar memulai semuanya dari nol. Dia bukan artis, bukan siapa-siapa. Kini dia ditahbiskan sebagai raja Youtube di kawasan Asia, dengan jumlah video views sekitar 65 juta dia mampu menghasilkan gaji bulanan sampai Rp3.6 miliar. Saat ini pengikut dari Atta sekitar 25,8 juta orang.

2. Ria Ricis

Ratu Youtube Indonesia, Ria Ricis memiliki sekitar 22,6 juta lpengikut yang loyal. Dengan jumlah pengikut sebesar itu, jumlah video views-nya sekitar 75 juta. Dan kalau video view dikonversi ke rupiah bisa mencapai sekitar  Rp 4.2 miliar sebulan. Angka yang cukup fantastis mengingat dia sebelumnya bukan seorang public figure.

3. Jess No Limit

Youtuber game juga tidak bisa dianggap remeh kalau penggemarnya sudah sangat membludak. Kita ambil contoh saja channel Jess No Limit, yang nama asli pemiliknya Tobias Justin. 

Dengan jumlah pengikut di channel mencapai 18,7 juta lebih ini, Jess mampu mencetak gaji bulanan sampai Rp5.4 miliar. Jumlah video views-nya dikisaran 98 juta

4. Rans Entertainment

Channel yang dimiliki oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini juga terus menanjak dari tahun ke tahun. Pengikutnya ada lebih dari 17,6 juta orang. Dalam satu bulan, penghasilan paling tinggi yang bisa dihasilkan  adalah Rp4.5 miliar. Perkiraan video views-nya 80.6 juta. 

5. Baim Paula

Berdasarkan situs Social Blade, penghasilan dari seorang Baim Wong dan istrinya bisa mencapai USD 19.7K – 315.2K  per bulan (silakan konversi ke rupiah). Jelas angka ini sangat fantastis mengingat penghasilan di dunia entertainment tidak akan sebanyak ini. Apalagi video yang dihasilkan lebih banyak family vlog.

List Pendapatan Youtuber Tertinggi untuk Channel Luar Negeri

1. Ryan Kaji

Anak-anak dengan konten bermain dan mainan bisa jadi raja youtuber. Ryan Kaji yang berusia 9 tahun ini memiliki penghasilan sampai Rp363 miliar.

2. Dude Perfect

Dengan konten yang unik, Dude Perfect memiliki penghasilan per tahun sampai Rp279 miliar.

3. Rhett  and Link

Meski pendatang baru, mereka mampu mengantongi uang iklan sampai Rp244 miliar, loh, setahunnya.

4. Jeffree Star

Youtuber lifestyle ini mampu mencetak penghasilan tahunan pada 2019 sebesar Rp237 miliar.

5. PewDiePie

Dalam setahun, youtuber yang kontroversial ini bisa menghasilkan Rp181 miliar.


Sumber Pendapatan dari Youtube Bukan Hanya Lewat Iklan Adsense

Dengan memanfaatkan cara menghitung pendapatan dari youtube khususnya Social Blade, kita jadi tahu kalau creator lokal masih kalah dengan luar negeri. Meski demikian, kita juga harus memperhitungkan penghasilan di luar dari iklan.

Saat ini ada banyak sekali youtuber yang bekerja sama dengan banyak brand di seluruh dunia. Nah, uang yang didapatkan dari kerja sama ini jauh lebih banyak daripada uang yang didapatkan dari iklan saja.

Apalagi saat ini banyak youtuber yang juga artis, kontennya digunakan oleh stasiun TV. Tentu mereka juga akan mendapatkan komisi lebih besar karena karyanya dibeli dan disiarkan.

Dari ulasan di atas terlihat dengan jelas kalau menjadi seorang youtuber profesional akan membuat kamu bisa kaya raya. Apalagi sudah dikenal banyak orang dan video yang dibuat bisa viral. Jutaan view bisa didapatkan dengan mudah.

Cara melihat penghasilan youtuber di atas menggunakan Social Blade (lihat di SINI untuk detail caranya) 

Jadi, semuanya berdasarkan estimasi tools ini saja, tidak 100% pasti akurat. 

Meski demikian, dengan jumlah viewer yang sampai jutaan per video, sangat-sangat masuk akal kalau per bulan (setidaknya minimal) pendapatan dari youtube mereka bisa di atas Rp1 miliar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel