Ini Beda Game RPG dan MMORPG (Banyak Yg Ga Tahu)

Beda Game RPG dan MMORPG - Meskipun kelihatannya mirip, RPG dan MMORPG adalah dua genre game yang sangat berbeda. 

Apa saja beda game RPG dan MMORPG? Sistem permainan, dunia dalam game, dan beberapa perbedaan lainnya harus dipahami oleh para pemain yang berminat memainkan salah satunya.

Memahami Pengertian MMORPG dan RPG

beda game rpg vs mmorpg

Agar tidak salah memilih genre game dan kaget karena tidak mengetahui perbedaan diantara kedua genre game tersebut, Anda perlu mengetahui apa itu RPG dan apa itu MMORPG. Berikut ini pengertian dari kedua genre game online yang paling sering dimainkan di PC.

1. Pengertian game RPG

RPG merupakan sebuah singkatan dari Role Playing Game. Jadi, pemain akan memainkan sebuah karakter yang ada dalam suatu game bergenre RPG. Meskipun Role Playing Game adalah singkatan untuk game MMORPG juga, arti dari genre game tersebut sangatlah berbeda.

2. Pengertian game MMORPG

Kata MMO dari MMORPG juga merupakan singkatan dari Multiplayer Massive Online. Kata Massive adalah kunci utama yang membuat MMORPG berbeda dari RPG. MMORPG biasanya dimainkan secara massal dan online. Semua pemainnya terhubung ke internet.

Selain terkoneksi ke internet, semua pemain game MMORPG bergabung di sebuah server atau beberapa server berbeda. Dengan begitu, mereka bisa bermain bersama-sama dan menyelesaikan semua misi yang ada di dalam game yang dimainkan secara massal.

Perbedaan Antara Game MMORPG dan Game RPG

Ada beberapa hal yang membuat MMORPG dan RPG berbeda. Di bawah ini beberapa perbedaan yang akan Anda temukan di antara game MMORPG dan game RPG. Pastikan Anda memahami perbedaannya dan memilih genre game yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

1. Koneksi internet

Karena merupakan game multiplayer massive online, semua game bergenre MMORPG mengharuskan para pemainnya tersambung dengan koneksi internet. Dengan demikian, para pemainnya bisa bekerja sama mengalahkan musuh dalam peperangan yang menantang.

Beda game RPG dan MMORPG adalah tidak adanya kata online pada RPG. Banyak game RPG memang bisa dimainkan online dengan para pemain lainnya. Tapi ada juga game RPG yang bisa dimainkan secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet.

2. Dunia virtual versus organik

Dalam game MMORPG, terdapat dunia yang lebih ‘organik’. Kata organik disini menggambarkan pemain lain yang akan Anda temui saat memainkan game. Karakter lain yang Anda temui dalam game dikendalikan oleh para pemain game lainnya, seperti Anda.

Sedangkan dalam game RPG, terutama yang dimainkan secara offline, karakter lain yang menjadi kawan dan lawan Anda adalah karakter ‘virtual’ yang dikendalikan bukan oleh pemain game lainnya tapi oleh komputer. Kesimpulannya, MMORPG lebih organik dibandingkan dengan game RPG.

3. Sistem permainan yang kolektif versus soliter

Sistem permainan dalam MMORPG sistem permainan yang kolektif. Artinya, pemain genre ini harus menyelesaikan misi yang harus diselesaikan bersama dengan para pemain lainnya. ada juga fitur player versus player atau PvP agar setiap pemain bisa bertarung melawan satu pemain lainnya.

Baca Juga: 21 Game Online PC Gratis dan Ringan

Dalam RPG, sistem pertarungannya bersifat soliter. Pemain dituntut untuk menyelesaikan seluruh misi secara individual atau sendirian sehingga jalan cerita game RPG bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Meskipun bersifat soliter, game RPG mempunyai narasi yang lebih bagus dan emosional.

Berdasarkan beda game RPG dan MMORPG di atas, ada yang lebih memilih memainkan RPG dan ada yang lebih suka memainkan MMORPG. Genre game yang mana yang lebih Anda sukai?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel