Cara Mengembalikan Keyboard Hp Oppo A15 Seperti Semula dan Penyebabnya


Keyboard hp merupakan komponen penting yang pastinya akan membuat pengguna kesal jika rusak. Sayangnya ini kerap ditemui pada hp Oppo seri A15. Pantas saja jika cara mengembalikan keyboard hp Oppo A15 seperti semula belakangan ini kembali banyak dicari di internet. Simak ulasan berikut untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya!

Penyebab Keyboard Hp Oppo Bermasalah

Umumnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keyboard hp Oppo bermasalah. Sebab-sebab ini bahkan sebenarnya juga cukup umum dirasakan oleh pengguna hp android merk lainnya. Ketahui selengkapnya penyebab keyboard hp Oppo bermasalah sebagai berikut!

     Software yang lawas. Keyboard sebenarnya sama seperti aplikasi lain yang membutuhkan update secara berkala. Software keyboard yang lawas tidak pernah diperbarui membuat keyboard menjadi lemot bahkan lagging saat digunakan.

     Adanya aplikasi lain yang error. Aplikasi lain yang bermasalah dapat mempengaruhi keyboard menjadi tidak berfungsi atau tiba-tiba berhenti. Beberapa aplikasi keyboard tambahan dari Play Store juga tidak jarang membuat masalah demikian lantaran adanya crash dalam aplikasi.

     Pilihan input yang tidak sesuai. Apakah pengguna memiliki beberapa keyboard dalam hp? Pastikan untuk mengatur pengaturan input terlebih dahulu sebelum mengaktifkan aplikasi keyboard baru lainnya. Pengaturan input yang tidak sesuai dengan keyboard yang diaktifkan, dapat membuat keyboard tidak bisa digunakan bahkan tiba-tiba berhenti saat digunakan.

Cara Mengembalikan Keyboard Hp Oppo Seperti Semula

Sama seperti penyebab dari keyboard yang bermasalah, cara mengembalikan keyboard hp Oppo A15 seperti semula juga tidak hanya satu saja. Coba cara mana saja berikut yang sesuai untuk masalah pembaca. Berikut selengkapnya:

1. Kembalikan ke Keyboard Default

Cara pertama untuk mengatasi keyboard bermasalah ialah dengan mengubah pengaturan keyboard dengan menggunakan keyboard default. Keyboard default merupakan keyboard bawaan dari pabrik yang semula digunakan hp saat masih baru. Berikut langkah-langkahnya:

     Buka menu pengaturan pada hp Oppo.

     Selanjutnya, masuk ke bagian Setelan Tambahan.

     Pada bagian tersebut pilih opsi Bahasa dan Masukkan atau Language and Input.

     Kemudian, pengguna akan melihat ada banyak pilihan keyboard yang terinstal pada hp. Pilih keyboard default atau keyboard bawaan asli dari hp Oppo. Aktifkan power button pada opsi keyboard default.

     Simpan pengaturan dan keluar.

     Lakukan uji coba menggunakan keyboard default.

2. Atur Pengaturan Input dengan Keyboard Lain

Jika dengan cara pertama di atas keyboard masih bermasalah, sebaiknya pengguna mencoba cara kedua ini. Sebenarnya cara ini mirip seperti cara sebelumnya, namun cara ini tidak mengembalikan pengaturan ke keyboard default. Sebab, jika keyboard bermasalah ada kemungkinan bahwa keyboard bawaanlah yang bermasalah. Berikut langkah-langkahnya:

     Usai memastikan bahwa keyboard masih bermasalah meskipun sudah menggunakan keyboard default, buka kembali menu Pengaturan di hp.

     Kemudian masuk ke bagian Setelan Tambahan.

     Dari bagian tersebut, pilih menu Bahasa dan Masukkan atau Language and Input.

     Biasanya pada hp android bukan hanya terinstal keyboard merk hp sebagai keyboard bawaan. Ada keyboard default bawaan dari Google yang bernama Gboard. Keyboard ini bisa digunakan sebagai alternatif keyboard default yang bermasalah. Pilih keyboard Gboard.

     Simpan pengaturan dan lakukan uji coba keyboard.

3. Kelola Aplikasi Keyboard

Apabila masalah keyboard berhasil diatasi dengan cara di atas, artinya masalah tidak berada di aplikasi keyboard. Namun jika masalah terletak pada aplikasi sebaiknya lakukan langkah-langkah dari cara mengembalikan keyboard di hp Oppo A15 seperti semula:

     Masuk ke menu Pengaturan di hp.

     Kemudian, diteruskan ke bagian Kelola Aplikasi.

     Dalam menu ini cari aplikasi keyboard apa saja yang terdapat di hp. Select atau pilih semua aplikasi tersebut.

     Kemudian tekan opsi Pindah ke System.

     Jika sudah, keluar dari setelan dan lakukan restart

Itulah ulasan mengenai penyebab dan cara mengembalikan keyboard hp Oppo A15 seperti semula. Hapus cache dan lakukan update software keyboard secara berkala untuk mencegah kerusakan keyboard terjadi kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel