(Lengkap) Cara & Syarat Membuat Paspor Umroh

(Lengkap) Cara & Syarat Membuat Paspor Umroh - Animo masyarakat untuk menjalankan ibadah umroh meningkat. Ini seiring dengan lamanya waktu tunggu antrian untuk ibadah haji.

Jadi dalam rentang waktu tunggu antara pendaftaran dan berangkat ibadah haji, mereka yang sudah rindu berat dengan tanah suci, melaksanakan umroh terlebih dahulu.

Kemudian beribadah haji ketika nanti sudah mendapat jatah keberangkatan.


syarat membuat paspor umroh


Laporan dari pemerintah Saudi Arabia, jamaah haji dari Indonesia jumlahnya terbanyak di dunia. Sedang untuk urusan ibadah umroh, jamaah kita menempati jumlah terbanyak ke-dua.

Jadi sangat wajar, jika salah satu tujuan paling banyak pembuatan paspor adalah untuk keperluan umroh.

Kamu atau orang tua kamu yang akan melaksanakan umroh tentu juga harus menyiapkan paspor. Sebelum itu kamu harus tahu dulu persyaratan pembuatan paspor umroh.

1# Syarat-Syarat Membuat Papor Umroh

Sebetulnya tidak ada perbedaan paspor umroh dan paspor biasa. Jika kamu sudah punya paspor biasa (mungkin sebelumnya kamu biasa liburan keluar negeri) kamu tidak perlu membuat paspor lagi untuk umroh.

Hanya saja, pemerintah Saudi Arabia mensyaratkan nama pemegang paspor harus terdiri dari minimal 3 suku kata.

Contoh nama dengan 3 suku kata itu seperti "Agan Dores Al-Jakarty". Begitu.

Contoh nama kurang dari 3 suku kata "Ngadiman" (satu suku kata) atau "Siti Nayla" (2 suku kata)

Kalau namamu kurang dari 3 suku kata maka harus ditambah dengan nama ayah. Jika masih kurang ditambah nama kakek.

Contoh lagi...

Ngadiman ditambah nama ayahnya menjadi Ngadiman Sudarjo. Tapi masih kurang dari 3 suku kata, maka ditambah lagi nama kakeknya menjadi "Ngadiman Sudarjo Tukiman".

Ok, berikut persyaratan-persyaratan bikin paspor umroh.

Syarat-Syarat Membuat Paspor Umroh

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli dan fotokopi 1 lembar.
  2. KK (Kartu Keluarga) asli dan fotokopi 1 lembar.
  3. Akte lahir/ Ijazah/ Buku Nikah dan fotokopinya 1 lembar (buat jaga-jaga sebaiknya bawa semua dokumen itu, meski kadang di beberapa Kantor Imigrasi hanya butuh salah satu).
  4. Surat rekomendasi Kantor Kementrian Agama (harus dari Kantor Kementrian Agama sesuai domisili KTP).
  5. Surat rekomendasi dari biro perjalanan/ agen tour and travel umroh. Bisa minta ke agen tour & travel umroh yang mengurusi perjalanan kamu nanti
  6. Jika punya paspor lama yang sudah kadaluwarsa, harus kamu bawa juga dan fotokopi bagian halaman yang ada biodata dan foto kamu.
  7. Jika kamu PNS, anggota TNI, POLRI atau karyawan salah satu BUMN, kamu harus menyertakan surat rekomendasi dari atasan.
  8. Materai 6000
Setelah siap semua persyaratan di atas, saatnya kamu mengajukan permohonan pembuatan paspor umroh.

2# Langkah-Langkah Cara Membuat Paspor Umroh

Mendaftar Antrian Pembuatan Paspor Secara Online

Setelah semua persyaratan terkumpul, kamu mendaftar antrian paspor online. Karena sekarang sistem antrian harus lewat online. Maka, jika kamu langsung datang ke Kantor Imigrasi tanpa membawa nomor antrian (yang didapat lewat online), petugas tidak akan mau melayani kamu.

Pendaftaran antrian online bisa lewat website Ditjen Imigrasi, ini webnya https://antrian.imigrasi.go.id/.

Kamu juga bisa daftar antrian lewat aplikasi android. Bisa kamu cari di google playstore dengan mengetikan "Layanan Paspor Online" di kolom search.

Pas daftar antrian online, kamu bisa pilih jadwal dan pilih Kantor Imigrasi. Setelah berhasil mendaftar kamu akan mendapat nomor antrian berupa barcode.

Nah, barcode ini harus kamu screenshoot dan simpan di HP kamu. Karena nanti harus tunjukkan ke petugas saat datang di Kantor Imigrasi.


Pengumpulan Syarat-Syarat Membuat Paspor Umroh 

Kemudian kamu pergi ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang kamu dapat saat daftar antrian paspor online. Jangan lupa membawa semua persyaratan.

Oya, saat datang ke Kantor Imigrasi kamu harus pakai pakaian sesuai peraturan Kantor Imigrasi. Pakailah baju atau kaos berkerah yang berwarna (maksudnya jangan berwarna putih).

Karena nanti kamu akan menjalani sesi pemotretan. Di mana background foto nanti putih. 

Jadi kalau kamu pakai baju putih, nanti foto kamu kurang kontras sama background nya. Sehingga tidak kelihatan jelas.

Sesampai di Kantor Imigrasi, datangi petugas customer service (CS) dan tunjukkan barcode antrian online kamu. Kemudian bilang akan membuat paspor untuk umroh.

Kamu nanti akan diberi formulir untuk diisi. Jika nama kamu suku katanya kurang dari 3, kamu disuruh membeli fotokopi formulir surat pernyataan penambahan nama. 

Kamu isi semua formulir sambil nunggu antrian ke bagian wawancara dan rekam sidik jari.

Proses Wawancara, Rekam Sidik Jari dan Pemotretan

Ketika waktu antrian kamu tiba, kamu bawa semua formulir (yang sudah kamu isi) dan semua persyaratan ke bagian wawancara.

Di sini kamu akan ditanya-tanya. Pertanyaan biasanya ga jauh-jauh, hanya seputar biodata kamu dan tujuan kamu membuat paspor.

Setelah selesai wawancara, sekarang kamu menuju rekam biometrik sidik jari dan pengambilan foto.

Pembayaran dan Pengambilan Paspor Umroh

Setelah selesai proses wawancara, rekam sidik jari dan sesi foto kamu akan diberi form tagihan pembayaran.

Kamu bisa bayar lewat POS Indonesia (mobilnya nongkrong di pelataran Imigrasi) atau bisa lewat transfer bank.

Simpan form tagihan pembayaran dan bukti bayar/ bukti transfer untuk pengambilan paspor.

Paspor biasanya jadi antara 3-7 hari. Setelah itu kamu datangi Kantor Imigrasi sambil membawa bukti transfer dan tagihan pembayaran dan menunjukkan ke bagian pengambilan paspor.

Paspor Kamu sudah jadi. Dan selamat kamu sudah siap menunaikan ibadah umroh...salaman

3# Saya Sudah Punya Paspor, Tapi Nama Kurang dari 3 Suku Kata


Buat kamu yang sudah punya paspor dengan nama terdiri dari 3 suku kata atau lebih, paspor kamu bisa langsung digunakan.

Tapi jika nama kamu kurang dari 3 suku kata, maka kamu harus datang ke Kantor Imigrasi untuk menambah nama kamu di paspor.

Jika sebelumnya kamu sudah punya paspor dan mau menambahkan nama (biar nama kamu jadi 3 suku kata), kamu tidak perlu mendaftar antrian online sebagaimana membuat paspor baru. Cukup datang langsung ke Kantor Imigrasi dan bawa dokumen persyaratan berikut.

Kamu datang ke Kantor Imigrasi dengan membawa dokumen-dokumen berikut :

  1. Paspor. Ingat ! paspor belum memasuki 6 bulan menjelang expired. Kalau sudah masuk masa 6 bulan sebelum expired, kamu paling disuruh bikin baru.
  2. Surat rekomendasi dari Kantor Kementrian Agama. Ingat ! kantor Kementrian Agama harus sesuai domisili di KTP. Jika KTP kamu Bandung, sementara kamu saat ini tinggal di Jakarta, kamu harus tetap balik ke Bandung minta rekomendasi dari Kementrian Agama yang ada di Bandung.
  3. Surat rekomendasi dari travel agent umroh yang akan mengurusi perjalanan umroh kamu.

Setelah membaca postingan ini "(Lengkap) Cara & Syarat Membuat Paspor Umroh". Saya harap kamu ga bingung lagi ya.

Dan terimakasih sudah berkunjung ke blog PakarDokumen.com, blog yang membahas dokumen-dokumen resmi paling valid dan paling up-to-date se-antero dunia maya (harapan saya, Agan Dores).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel