Kamu Mau Apply Visa China Yang Mana ? Ada 16 Jenis Lho

Kamu Mau Apply Visa China Yang Mana ? Ada 16 Jenis Lho - Kebijakan ekonomi Deng Xiao Ping sekitar 40 tahun lalu benar-benar membawa efek signifikan terhadap kemajuan China saat ini.

Baik ekonomi maupun teknologi, melaju pesat dan langsung menjadi penantang utama Amerika. Negara yang sudah satu abad lebih memimpin dunia.

panduan apply visa china


Didukung jumlah penduduk yang super besar plus kemajuan yang sekarang melanda China, sudah otomatis menggiurkan para investor untuk menanamkan modalnya ke China. Efek lanjutannya, tentu semakin banyak kunjungan turis asing ke Negeri Tirai Bambu ini.

Sekaligus hal ini dijadikan peluang oleh pemerintah China, dibangun dan diperbaikilah area-area yang berpotensi sebagai wisata. Sehingga kunjungan warga asing ke China, selain motifnya bisnis juga perlahan ditarik ke motif wisata.

Kalau dari Indonesia sendiri, WNI rata-rata ke China untuk tujuan wisata. Selain banyak juga yang ke China untuk urusan study.

Apply  Visa China Harus Sesuai Jenis Kunjungan


Apapun tujuan kamu ke China, pastikan kamu harus memiliki PASPOR (Di atas 6 bulan sebelum expired) dan VISA.

Tapi sebelum membuat visa, kamu harus tahu dulu, kunjungan kamu itu termasuk dalam kategori apa. Sehingga saat kamu mengajukan permohonan visa China cocok dengan tujuan kunjungan kamu.

Kan lucu kalau misal kunjungan kamu untuk berobat, eh visa yang kamu apply adalah visa pekerja.

Di postingan ini saya akan rinci jenis-jenis visa China sesuai maksud tujuan kunjungan. Biar kamu setelah baca postingan ini, tidak salah pilih jenis visa saat apply visa China.

Jenis Visa China Berdasarkan Tujuan Kunjungan

Visa China "F"

Kamu bisa apply visa China ini jika tujuan kamu ke China dalam rangka pertukaran pelajar, study tour atau kegiatan lainnya yang masih berkaitan dengan tema-tema ini.

Visa China "M"

Visa China M adalah visa China untuk hal-hal terkait komersial dan perdagangan. Kamu harus memilih visa China jenis ini, jika tujuanmu ke China untuk aktivitas terkait perdagangan dan aktivitas komersial.

Visa "L" / Visa Turis

Visa "L" mungkin merupakan visa China favorit untuk warga Indonesia yang ke China. Visa ini adalah visa bagi kamu yang mau ke China dengan tujuan wisata.


Visa China "Q1 & Q2" (Kunjungan Keluarga & Kerabat)

Baik Q1 maupun Q2, ditujukan untuk keperluan kunjungan keluarga, kerabat ataupun pengasuhan anak yang bertempat tinggal secara permanen di China.

Untuk Q1, jika kamu merupakan bagian/ anggota dari KELUARGA penduduk China asli atau WNA yang sudah mendapat ijin tinggal permanen di China.

Yang termasuk KELUARGA : Suami/ Istri, Anak, Orang Tua, Saudara Kandung, Kakek/ Nenek, Cucu, Menantu, Mertua.

Untuk Q2, jika kamu merupakan KERABAT penduduk China asli atau WNA yang punya ijin tinggal permanen di China.

Contoh kerabat seperti: Paman/ Bibi, Ponakan.

Baik visa Q1 dan Q2, durasi tidak lebih dari 180 hari.

Visa "S1 & S2"

S1 ditujukan bagi kamu yang akan mengunjungi KERABAT yang sedang belajar/ bekerja di China.

S2 ditujukan untuk kamu yang akan mengunjungi KELUARGA yang sedang belajar/ bekerja di China.

Ingat ! KELUARGA atau KERABAT ini bukan penduduk China asli. Tetapi WNA yang sedang belajar/ bekerja di China.

Apply Visa China "Z"

Jika kamu membuat visa dengan tujuan bekerja atau mengadakan kegiatan komersial di China, kamu bisa mengajukan permohonan visa China Z.

Apply Visa China "G" (Visa Transit)

Selama ini, penduduk Indonesia lebih mengenal bandara-bandara transit berada Singapura, Dubai, Doha, Jepang (Narita) dan Frankfrut.

Sejak ekonomi China berkembang pesat, ternyata banyak juga saat ini penerbangan ke Eropa dan Amerika yang harus transit dulu di China. Bandara China yang sering dijadikan transit seperti Beijing, Guangzhou dan Shanghai.

Jika penerbangan kamu termasuk yang akan transit di salah satu bandara China. Kamu harus persiapan membuat visa China jenis "G". Yaitu visa transit.

Visa China "C"

Visa China jenis "C" ini ditujukan buat kamu, jika kamu termasuk crew transportasi lewat batas. Maksudnya transportasi yang melintasi China.

Crew yang dimaksud, bisa kamu sebagai supir, atau awak armada kapal, kereta api dan kendaraan bermotor.

Visa China "X1 & X2" (Visa China Study)

Jika kamu ingin belajar di China kamu bisa apply visa jenis ini. Untuk visa X1 buat kamu yang ada urusan study di China dalam waktu lebih dari 180 hari.

Visa China X2 ditujukan buat kamu yang akan belajar di China, tapi tidak lebih dari 180 hari.


Visa China Buat Kamu Yang Bertalenta "R"

Jika kamu memiliki talenta yang luar biasa dan kemudian diundang oleh pihak China untuk menebarkan manfaat dari talenta yang kamu miliki, seperti untuk diajarkan, diaplikasikan, maka visa yang kamu perlukan adalah visa jenis "R".

Misal kamu adalah seorang pakar di bidang kecerdasan buatan. Kemudian diundang Huawei (Salah satu produsen Smartphone terbesar China), untuk diajak melakukan riset. Maka kamu harus menyiapkan visa China jenis "R".

Visa Jurnalis (Visa J1 & J2)

Jika kamu jurnalis/ staf media asing (bukan media asli China) yang akan melakukan liputan di China, kamu harus apply visa J1 atau J2.

J1 jika rencana masa tinggal kamu di China melebihi 180 hari.

J2 jika rencana masa tinggal kamu tidak lebih dari 180 hari.


Visa Permanen "D"

Visa ini ditujukan untuk kamu yang akan tinggal di China secara permanen.

Setelah membaca posting ini, seharusnya kamu tidak bingung lagi mau apply visa China jenis apa. Karena tentunya kamu sudah bisa menentukan kategori tujuan kunjungan kamu ke China.


Wajib Baca:
Panduan Lengkap Aplikasi Visa China
Contoh Pengisian Formulir Visa China


Dan...akhir kata, selamat berkunjung ke Raksasa Baru Dunia "CHINA".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel