Trend Pengurusan Visa Beberapa Negara (Semakin Mudah)

Trend Pengurusan Visa Beberapa Negara (Semakin Mudah) - Tulisan ini hasil dari membaca blog-nya Bapak Dahlan Iskan, tentang Visa Taiwan dan trend beberapa negara dalam pelayanan visa.

visa taiwan mudah - tren visa

Lewat blog-nya yang begitu terkenal, mungkin kamu salah satu pembaca blognya Bapak Dahlan Iskan atau yang akrab disebut Abah DI oleh para followernya. Bagi kamu yang belum tahu, nama blognya adalah Disway.id.

Saya sendiri sudah menjadi pembaca setia kurang lebih satu tahunan ini. Hampir tiap hari tidak luput membaca tulisan yang benar-benar membuka wawasan, dalam, tapi ditampilkan dengan bahasa ringan yang orang awam pun bisa memahami topik-topik berat yang sedang diulas.

Bukan kebetulan, di tanggal 21 Januari 2020, beliau mengangkat tema Visa Taiwan. Nah postingan ini saya angkat lagi di blog ini dari sudut pandang saya sebagai seorang pekerja Biro Jasa.

Visa Taiwan Benar-Benar Mudah ? Hanya Via Online ?

Visa Taiwan sebenarnya terbagi 2 jalur, yaitu:

  1. Jalur 1 - Jalur Mudah Banget
  2. Jalur 2 - Jalur Mudah

Untuk yang disebut oleh Abah DI, itu maksudnya adalah jalur 1 - jalur mudah banget. Kenapa mudah banget ?

Karena ya itu, cukup lewat pengajuan Visa Taiwan online. Mengisi kolom-kolom yang tersedia di mana hanya butuh mengisi 1 halaman (bandingkan dengan visa US yang mencapai sekitar 20 halaman) dan dalam waktu kurang lebih 10 menitan, pengajuan visa Taiwan kita sudah di-approve.

Tapi ada syarat dan ketentuan...

Untuk jalur mudah banget ini, kalian harus punya visa yang masih aktif dari salah satu negara berikut: Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, UK, Schengen ( Uni Eropa ), Jepang dan Korea.

Jadi ga semua bisa daftar lewat online - lewat jalur mudah banget ini ya...

Sedang untuk kalian yang tidak punya salah satu visa aktif untuk negara-negara tersebut, maka pendaftaran Visa Taiwan lewat TETO (Taipei Economic and Trade Office).

Logika Mudahnya Visa Taiwan

Seperti yang disebutkan Abah DI, sebenarnya buat negara-negara lain (di luar yang disebutkan di atas), ngapain mesti repot-repot mengecek orang yang akan mengunjungi negaranya. Ngapain memperketat arus masuk para turis. Yang artinya juga mempersulit rezeki (devisa) yang akan masuk ke negara tersebut.

Toh secara logika, seperti misal visa tujuan USA dan UK, setengah mati para aplikan mengajukannya. Selain dokumen persyaratan yang bejibun, kita juga disuruh ngisi formulir yang jumlahnya begitu banyak (20an halaman). Dijamin pusing dah kita-kita.

VISA AMERIKA UK SCHENGEN SUSAH

Mereka sangat ketat menyaring orang asing yang masu memasuki wilayahnya. Sedemikian ketatnya, berarti person yang sudah bisa mendapatkan Visa USA maupun UK sudah qualified.

Taiwan memakai logika akal sehat ini. 

Biarkan negara-negara seperti USA, UK, Australia ataupun Jepang yang capek-capek memeriksa ketat para calon turis yang juga akan berkunjung ke Taiwan. Sehingga jika calon turis tersebut berhasil mendapat visa negara-negara ketat tersebut, 99 koma sekian persen auto-approved bila mengajukan Visa Taiwan.

Pemerintah Meksiko Lebih Pintar Lagi (Untuk Urusan Visa)

visa taiwan india turki online mudah

Jika Taiwan masih mengharuskan apply secara online bagi pemegang visa aktif negara-negara ketat, langkah lebih pintar - lebih masuk logika ditempuh oleh pemerintah Meksiko.

Hanya cukup memiliki Visa Amerika yang masih aktif dan valid, bisa auto-masuk Meksiko tanpa mengurus apapun. Tanpa harus apply lewat internet, langsung masuk Meksiko.

Beberapa Trend Negara Lain Dalam Pengurusan Visa

Bagi negara-negara lain yang belum bisa (belum mau) menerapkan gaya santai Taiwan, apalagi gaya ekstrem pemerintah Meksiko dalam urusan visa, mereka juga banyak yang semakin mempermudah kebijakan visa.

Di antaranya adalah Turki dan India.

Untuk Visa India, bisa mengajukan visa lewat internet. Bahkan untuk warga negara Indonesia, berlaku sejak pertengahan Juni 2018 biayanya GRATIS.

Pun demikian dengan Visa Turki, kalau dahulu skemanya adalah Visa On Arrival, sekarang Visa Turki juga bisa apply via online. Hanya saja tidak seperti India yang gratis, bagi warga Indonesia pengajuan Visa Turki Online kena biaya 25 US Dollar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel