Membuat Visa China Online, Begini Caranya !

Membuat Visa China Online, Begini Caranya ! - China merupakan salah satu destinasi bagi WNI yang membutuhkan visa untuk memasukinya.

Untuk visa China kamu bisa membuatnya 3 bulan sebelum keberangkatan. Atau paling tidak, agar tidak terlalu mepet, 2 minggu sebelumnya.

CARA MEMBUAT VISA CHINA ONLINE


Kamu salah satu yang akan pergi ke China dalam waktu dekat ini ?

Sudah tahu cara apply visa China ?

Di artikel ini, kamu akan saya bimbing (ya elah, kayak pak guru aja..hehehe) step by step cara apply visa China dengan mengisi formulir secara online.

Langsung saja...

Pertama, Booking Tiket Pesawat & Hotel

Bukti reservasi tiket pesawat dan hotel merupakan syarat wajib saat kamu mau apply visa China.

Tiket pesawat pulang pergi (PP) harus sudah kamu booking. Ini sebagai bukti bahwa kamu pergi ke China dan akan kembali ke Indonesia (tidak selamanya di sana).

Wajib kamu ingat ! Nama kamu yang tertera di tiket pesawat dan bukti booking hotel, harus sama dengan nama kamu di KTP. Meskipun tiket dan hotel kamu dipesenin teman atau saudara.

Kedua, Siapkan Rencana Perjalanan (Itinerary)

Ini juga merupakan salah satu syarat pengajuan permohonan visa China, yaitu itinerary atau rencana perjalanan.

Rencana perjalanan kamu bikin simpel saja. Intinya berisi tanggal, tempat rencana jalan-jalan kamu dan hotel tempat kamu menginap di tanggal tersebut. Saya tahu, dengan contoh akan lebih mudah kamu membuatnya.

Tenang saja, di bawah ini sudah saya siapin itinerary yang bisa kamu contoh:

membuat visa china online - itinerary

Ketiga, Menyiapkan Semua Dokumen Persyaratan

Selain bukti reservasi tiket dan hotel, itinerary, dokumen-dokumen berikut perlu kamu siapin juga untuk apply visa China:
  • Pas foto (foto warna) 2 lembar. Ukuran 3,3x4,8 Cm. Pas foto terbaru, maximal 6 bulan terakhir.
  • Paspor asli dan fotokopinya. Fotokopi halaman depan hingga halaman yang ada tanda tangan kamu. Paspor minimal masih menyisakan 2 halaman kosong untuk tempat visa.
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi E-KTP

Keempat, Isi Formulir Visa China Online

Istilah Visa Online China  ini sebetulnya banyak yang salah paham. Dikira ini pegajuan aplikasi visa secara online. Padahal bukan begitu.

Istilah visa online ini hanyalah proses pengisian formulir secara online. Karena pengisian formulir bisa 2 cara:

Cara 1: Download Formulir Visa China dan Mengisinya Offline

Isi formulir dengan cara  mendownload formulir visa China (file berupa pdf). Kemudian setelah di download, diisi dengan cara diketik secara offline. Terus diprint dan ditanda tangani.

Caranya bisa cek di artikel : Contoh Isi Formulir Visa China

Cara 2: Isi Formulir Visa China Secara Online

Cara inilah yang sering disebut Visa China Online. Sebenarnya kurang tepat kalau cara ini disebut visa online, mengingat ini hanyalah input formulir online. Bukan aplikasi pengajuan online.

Misal kalau untuk Visa Online India, ini memang aplikasi permohonan visa secara online. Jadi si pemohon mengisi formulir plus submit semua dokumen persyaratan lewat aplikasi online.

Kemudian tinggal menunggu hasilnya yang akan diinformasikan oleh sistem dari Kedubes lewat email. Si pemohon visa India online sama sekali tidak perlu submit persyaratan dokumen, secara offline ke kedubes atau agency yang ditunjuk.

Semua prosesnya full online.

Kalau visa China online ini, hanya sekedar input formulir secara online dan kamu harus tetap menge-print nya setelah itu. Dan tetap datang ke China Visa Center sambil membawa semua berkas persyaratan.

aplikasi visa china online


Perhatikan tulisan yang saya highlight !

Di bagian akhir yang saya highlight, tertulis jelas "it is only a tool for completing an application form, not an online application"

Jika kamu akan mengisi formulir secara online, silakan kunjungi halaman berikut: https://tinyurl.com/alamat-form-visa-china-online (copy paste link ini di browser)

Scroll hingga paling bawah dan klik  AGREE 

Dan selanjutnya akan muncul halaman seperti di bawah. Location saya pilih JAKARTA. Kamu bisa pilih sesuai lokasi Visa China Center terdekat. Bisa di Medan, Jakarta, Surabaya atau Denpasar.

apply visa china online

Setelah kamu pilih lokasi, masukan kode captcha untuk verivikasi, contoh di atas 5944   Kemudian pilih A. Selanjutnya klik tombol   Start   Kemudian akan muncul halaman seperti di bawah:



Kamu tinggal isi semua data-data yang di minta di kolom-kolom tersebut. Tapi ingat, catat atau simpan dulu application form number (contoh di atas warna orange 0005748334).

Jika kamu tidak memiliki data yang diminta, cukup pilih Not Applicable. Misal kamu tidak memiliki nama China. Maka poin 1.2 kamu klik kotak kecil Not applicable.

Setelah kamu isi semuanya, kamu print dan kamu tanda tangani dengan tanda tangan basah. Yaitu pakai pulpen. Bukan pakai cap atau pensil.

Setelah itu kamu pergi ke China Visa Center sambil membawa semua dokumen persyaratan dan print-print nan tersebut.

Demikian cara isi formulir visa China online.

Semoga aplikasi kamu di-approve.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel